Tips Membuat Roti Enak & Empuk dengan Cepat

Hampir semua orang suka dengan roti karena rasanya yang manis dan mengenyangkan di perut. Bahkan roti merupakan salah satu jenis makanan yang digandrungi oleh semua kalangan dan memang makanan ini merupakan primadona. Roti memiliki tekstur yang lembut dan empuk sehingga memiliki banyak penggemar. Tidak jarang makanan ini menjadi hidangan yang nikmat dan disantap ketika sarapan atau makan malam. Ada cukup banyak jenis roti dengan variasinya. Dan Kebanyakan orang lebih menyukai roti dengan tekstur empuk dan lembut karena sangat enak di mulut. Sebenarnya membuat roti ini bisa dilakukan sendiri apalagi dengan oven gas yang lebih mudah.

Cara untuk membuat roti yang lembut dan empuk bisa dibilang cukup mudah. Untuk membuat roti empuk dan lembut ini bisa dilakukan dengan mudah di rumah hanya dengan melihat resep.

Bahan yang Dibutuhkan

Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat roti antara lain adalah sebagai berikut. Siapkanlah 100 gram tepung protein sedang, 400 gram tepung protein tinggi, 40 gram butter, 40 gram margarin, 1 sdt garam. Selain itu juga memerlukan 100 g gula pasir, 11 gram ragi instan, 1/2 sdt bread improver, 25 gram susu bubuk full cream, 2 butir kuning telur, dan air es atau susu dingin secukupnya. Sementara untuk bahan olesan hanya cukup menyiapkan susu evaporated dan 1 butir kuning telur yang dilarutkan dengan 2 sendok makan air atau susu cair.

Langkah Membuat Roti Empuk dan Lembut

Untuk membuat roti ini caranya sangatlah mudah.

  • Pertama, campuran bahan kering terlebih dahulu seperti halnya terigu, gula pasir, bread improver, ragi instan, dan susu bubuk hingga merata. Kedua, masukkanlah kuning telur dan campur lah menggunakan tangan sampai merata lalu tuangkan air sedikit demi sedikit. Lakukanlah sambil diuleni dan hentikan penambahan jika adonan sudah menyatu dan tidak lengket ketika berada di wadah. Ketiga, masukkanlah butter dan mentega serta garam. Kemudian perlu di uleni hingga kalis elastis. Jika sudah kalis maka bentuklah bulat pada wadah yang sudah diolesi dengan minyak sehingga tidak lengket ketika pengambilan. Barulah setelah itu didiamkan selama 30 menit.
  • Keempat, bagilah adonan sesuai dengan selera. Setelah itu rounding sampai permukaan adonan halus serta udara yang ada di dalamnya keluar. Cirinya yaitu adonan menjadi padat harus lentur kemudian istirahatkan hingga 15 menit. Kelima, Ambillah adonan kemudian giling pipih dan beri isi. Sebenarnya jika mau kosongan juga boleh dan bentuklah sesuai dengan selera. Proofing sampai sekitar 60 menit dan olesi menggunakan evaporate susu atau kuning telur. Peganglah dengan suhu 175 derajat sampai 30 menit. Akan lebih baik jika menggunakan oven gas karena dijamin hasilnya akan lebih sempurna. Jika wangi sudah semerbak maka pindahkan kue dan kemudian disajikan.
  • Perlu diketahui bahwa proses pembuatan kue ini sebenarnya sangatlah simpel dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Apalagi jika ingin membuka bisnis kue atau roti empuk dan lembut maka oven gas merupakan pilihan yang sangat tepat untuk memanggang roti. Ada cukup banyak resep yang bisa dilakukan sehingga bisa mendapatkan hasil yang optimal. Untuk penyajian roti sebenarnya bisa disesuaikan dengan selera. Bisa diolesi dengan krim atau bahan-bahan lainnya yang sesuai dengan keinginan. Tidak bisa dipungkiri bahwa penampilan juga sangat mempengaruhi sehingga jika ingin menyantap roti dengan topping yang lezat maka bisa mengkreasikan toping sendiri.

Itulah resep yang bisa dilakukan untuk membuat roti dengan oven gas yang tentunya hasilnya akan lebih baik. Perlu diketahui juga bahwa oven ini tentu akan hemat listrik karena menggunakan gas bukan listrik.


Comments are closed