Rekomendasi 10 Tempat Wisata Nusa Penida yang Harus Dikunjungi

Berkunjung ke pulau Bali, pasti belum lengkap jika belum menyisipkan destinasi Nusa Penida. Harga tiket Nusa Penida memang tak begitu mahal sehingga hampir semua wisatawan tertarik untuk mengunjungi daerah wisata baru dekat pulau Bali tersebut. Berikut ini adalah beberapa destinasi wisata yang direkomendasikan untuk dikunjungi di pulau Nusa Penida Bali.

Beberapa Daerah Wisata Terbaik Yang Harus Anda Kunjungi di Nusa Penida Bali

Untuk berwisata ke Nusa Penida,  Anda diharuskan menyeberang terlebih dahulu dengan menggunakan fast boat yang sudah tersedia di pelabuhan Sanur. Namun untuk mendapatkan tiketnya Anda harus mengantre terlebih dahulu dan bahkan tak jarang Anda bisa kehabisan jika pada hari itu terdapat banyak sekali pengunjung. Karena itu dapatkan harga tiket Nusa Penida dengan cara booking terlebih dahulu lebih disarankan.

  1. Crystal Bay Beach

Salah satu pantai di Nusa Penida yang banyak dikunjungi oleh wisatawan keluarga dan anak-anak. Selain pemandangan yang indah, juga akses untuk mencapai lokasi wisata yang satu ini juga cukup mudah dan pantai ini memiliki kisaran ombak yang tak begitu membahayakan pengunjung wisata.

Daya tarik wisata ini adalah pasir putih dengan jernihnya air laut. Dimana saking jernihnya Kita bisa melihat pemandangan alam bawah laut berupa biota laut dan terumbu karang.

  1. Pantai Atuh

Pantai ini sebenarnya memiliki pemandangan yang sangat indah untuk dinikmati selayaknya pantai pribadi saja. Hanya saja karena lokasinya yang berada di bawah bukit sehingga akses untuk menuju kesana pengunjung wisata harus melalui trekking yang cukup menantang. Hanya direkomendasikan untuk mereka yang sanggup melaluinya saja.

  1. Pura Paluang

Pura yang berlokasi di Dusun Karang Dawa, Desa Bunga Mekar Nusa Penida ini termasuk salah satu pura yang banyak dikunjungi karena keunikannya. Yaitu memiliki 2 buah Pelinggih yang memiliki bentuk yang mirip dengan mobil VW Jimmy dan Beatle.

Menurut kisahnya bentuk ini hanya ada satu buah saja di dunia.

  1. Mata air Tembeling

Tempat wisata air yang alami ini berada di Desa Batu Mandeg, Banjar Salak Nusa Penida Bali. Mata air ini memiliki dua kolam yaitu kolam besar dan kecil. Ada aturan yang harus dipatuhi dimana kolam besar khusus untuk laki-laki dan kolam kecil hanya untuk perempuan. Dengan diameter 5 hingga 6 meter kolam ini cukup luas untuk Anda nikmati.

  1. Angle’s Billabong

Lokasi wisata ini adalah sebuah kolam alami yang memiliki lokasi tepat bersebelahan dengan laut. Pemandangan laut yang sangat indah, dengan kejernihan air kolam yang memiliki gradasi warna cantik, bahkan jika Anda beruntung akan menemukan ada biota laut yang masuk ke dalam kolam dan terperangkap di dalamnya. Tak heran hanya pengunjung wisata muda yang sangat tertarik dengan lokasi wisata ini karena  untuk mencapainya butuh perjuangan trekking super hati-hati karena harus melewati batu karang yang tajam dan licin.

  1. Bukit Teletubbies

Jika pernah melihat film Teletubbies pastinya tahu bukit Teletubbies yang terkenal itu. Di Nusa Penida Anda juga akan menemukan daerah perbukitan yang masih sangat alami dengan hamparan rumput menghijau disana. Disarankan untuk berkunjung di waktu sore hari agar supaya tak terkena sengatan panas matahari.

  1. Pantai Kelingking

Pantai yang memiliki pesona keindahan pantai dari atas tebing. Disini Anda memang tak bisa turun ke pantai karena berada di ketinggian jurang. Namun pemandangan laut dan pantai yang sangat mempesona ditambah udara segar sekitar pantai membuat Anda tak akan menyesal berkunjung kesini.

  1. Goa Giri Putri

Berkunjung ke Goa Giri Putri ini seperti sebuah perjalanan wisata religi untuk umat beragama Hindu. Biasanya masyarakat lokal akan berkunjung ke Goa ini untuk beribadah pada saat Hari Raya Galungan dan Kuningan. Meski pintu masuknya terlihat sangat kecil, namun begitu masuk Anda akan disuguhi pemandangan khas goa yang masih alami dengan keberadaan stalagmit, stalagtit dan kelelawar.

  1. Pasih Uug

Lebih dikenal dengan nama Broken Beach. Memiliki pemandangan berupa pertemuan dua buah tebing yang dibawahnya terdapat lubang yang mengalir langsung air laut. Jika Anda berkunjung di waktu subur atau musim penghujan, maka pemandangan akan terlihat hijau alami dan sangat mempesona.

  1. Mata air

Biasanya warga lokal menyebutnya sebagai daerah wisata Guyangan. Merupakan sumber mata air yang dipercaya bisa mengalirkan air ke sekitar 8 desa yang ada di Nusa Penida. Yang menarik disini adalah dimana perjalanan air dari mata air ke pintu masuk air ke masing-masing desa terlihat sangat indah karena harus melalui tangga besi yang cukup banyak. Anda juga bisa berenang di segarnya air kolam yang dingin untuk sekedar melepas lelah setelah melewati perjalanan panjang tersebut.

Tips Agar Berwisata ke Pulau Nusa Penida Menyenangkan

Nah agar supaya perjalanan wisata Anda ke Nusa Penida menyenangkan sebaiknya Anda membawa  perlengkapan sendiri seperti bekal makanan dan lainnya. Karena selain masih jarang ditemukan penjual makanan dan minuman ringan, harga yang mereka tetapkan pun masih terhitung mahal. Sehingga lebih hemat jika Anda membawanya sendiri. Sekian tips dan beberapa tempat yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi setelah mendapatkan harga tiket Nusa Penida yang hemat dan terjangkau.


Comments are closed