Cara Menjaga Hape Dari Malware

Saat ini kita sangat dimudahkan dengan yang namanya teknologi. Seiring berjalannya waktu, teknologi dan jaringan juga semakin berkembang. Salah satu teknologi itu adalah smartphone. Saat ini, banyak sekali yang mengandalkan hape canggih, khususnya Android, untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Mulai dari berkomunikasi, bermain sosial media, menonton film, membeli barang, bermain game, dan lain sebagainya. Smartphone saat ini sudah menjadi barang yang vital di kehidupan manusia. Akan tetapi, hape sendiri juga rawan rusak, salah satunya diakibatkan oleh malware. Anda tidak perlu khawatir, karena artikel caramiaw kali ini akan membahas bagaimana melindungi Android dari serangan malware.

Ciri-Ciri Hape Terkena Malware

Malware sendiri diciptakan oleh orang yang berniat jahat. Tujuannya adalah untuk merusak perangkat ataupun mengakses data secara ilegal. Ada beberapa ciri yang bisa Anda lihat apakah hape Anda terkena malware ataupun tidak.

  1. Adanya aplikasi yang tidak diketahui

Hape yang terkena malware umumnya akan terdapat aplikasi yang tidak kita inginkan. Jika di hape Anda terdapat aplikasi yang mungkin Anda sendiri tidak merasa pernah mengunduhnya, bisa jadi itu malware yang disematkan di hape Anda.

  1. Munculnya iklan pop up yang lebih banyak

Pernahkah Anda mengalami saat menggunakan hape lalu tiba-tiba bermunculan iklan pop up dengan frekuensi yang cukup sering namun tidak diketahui asalnya? Anda perlu berhati-hati karena bisa saja itu disebabkan karena adanya malware.

  1. Hape yang lambat ataupun macet

Jikalau hape terasa lambat, mungkin itu bisa disebabkan oleh beberapa hal. Akan tetapi, jika hal ini sering muncul, bahkan lebih parah seperti sering terjadi hang, aplikasi yang crash atau hape yang me-restart sendiri, maka Anda perlu curiga. Ini adalah satu ciri dari hape yang terkena malware.

  1. Baterai terkuras dengan cepat

Jikalau suatu waktu Anda mendapati penggunaan baterai hape Anda lebih boros dari biasanya, maka sebaiknya Anda waspada. Cek kira-kira aplikasi apa yang memang menyedot daya paling besar. Jika aplikasi tersebut memang tidak dikenali, maka kemungkinan itu adalah malware.

Tips Melindungi Hape Dari Serangan Malware

Nah pembaca caramiaw, setelah mengetahui beberapa tanda dari hape yang terkena malware, ada baiknya kita juga perlu tahu beberapa tips yang bisa dilakukan untuk melindungi diri dari serangan malware. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Usahakan menginstal aplikasi yang memang terpercaya

Serangan malware bisa masuk lewat aplikasi aneh yang kita unduh dan pasang. Untuk menghindari hal tersebut, Anda harus selektif dalam menginstal aplikasi. Selalu gunakan Play Store sebagai tempat untuk menginstall aplikasi. Selain itu, pastikan juga Anda melihat review aplikasi tersebut, apakah memang terpercaya atau tidak. Lihat juga izin akses aplikasi tersebut.

  1. Jangan mendownload apa pun dari situs yang tidak terpercaya

Sebagian dari kita mungkin sering sekali mendownload sesuatu dari internet, mulai dari aplikasi, musik, film, atau yang lainnya. Jangan pernah mendownload sesuatu dari situs yang abal-abal dan tidak terpercaya, karena bisa jadi itu adalah jalur malware masuk.

  1. Rutin update OS Android

Pastikan Anda selalu rutin untuk mengupdate OS Android Anda. Dengan mengupdate, bug dan celah yang sebelumnya ada bisa ditangani dengan cepat. Sehingga keamanan hape Anda juga semakin meningkat.

  1. Install aplikasi Anti-Malware

Untuk menambah keamanan haoe Anda dari serangan malware, Anda bisa mengandalkan software Anti-Malware. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa Anda coba. Akan tetapi, Anda juga tetap harus mengunduhnya di Play Store dan pilih aplikasi yang memiliki rate tinggi.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa Anda coba untuk melindungi hape Anda dari serangan malware. Bagi Anda yang ingin tahu tips lainnya, Anda bisa cek ke caramiaw ya!


Comments are closed