8 Cara Menjaga Suhu Dingin Rumah saat Musim Kemarau

Pernah menonton salah satu episode tayangan SpongeBob Squarepants di mana Plankton bermain-main dengan thermostat Tuan Krab di restoran Krusty Krab. Tuan Krab begitu marah karena suhu pada ruangan tersebut harus terjaga agar tetap dingin untuk keberlangsungan hidupnya. Pada artikel ini, akan dibahas salah satunya fungsi thermostat, di mana alat yang satu ini ternyata memegang peranan penting dalam menjaga suhu rumah agar tetap dingin walaupun musim kemarau sedang melanda wilayah kita.

Mengenai Fungsi Thermostat

Thermostat adalah suatu alat yang mengaplikasikan ilmu kimia dan sistem digital untuk dapat bekerja. Ukurannya kecil, bentuknya seperti katup. Bahan dasar pembuatannya adalah logam yang nantinya bekerja otomatis untuk menjaga suhu ada pada ambang atau ukuran tertentu.

Thermostat digunakan sebagai alat pengontrol suhu dingin dan panas suatu ruangan. Memanfaatkan bahan dasarnya dari logam-logam yang berbeda, fokus kerjanya ada pada panas fluida yang dipindahkan melalui aliran tertentu untuk menghasilkan ukuran suhu dingin atau panas yang dikehendaki. Dapat dikatakan, fungsi thermostat adalah mencapai tingkatan suhu tertentu untuk suatu area sesuai kebutuhan, terlepas dari suhu sekitar.

Menjaga Rumah tetap Dingin saat Musim Kemarau

Apakah seseorang harus memiliki kipas angin dan pendingin ruangan agar menjaga suhu dingin dalam rumah di musim kemarau? Berikut adalah 8 cara yang dapat dilakukan untuk dapat mewujudkannya.

  1. Tutup jendela dengan gorden

Dengan menutup jendela dengan gorden, kita membuat jendela tidak menimbulkan suatu efek seperti rumah kaca. Hampir separuh presentasi suhu udara yang panas berasal dari transfer udara luar melalui jendela rumah. Panas yang disalurkan melalui jendela rumah, ketika ditutup dengan gorden, akan terpantulkan kembali dan membuat suhu dalam rumah tetap rendah atau dingin.

  1. Buka jendela saat malam

Seperti yang Anda ketahui, udara malam hari akan terasa lebih dingin dibandingkan dengan siang hari. Maka dari itu, sempatkan membuka jendela rumah saat malam hari untuk membiarkan suhu dingin memasuki ruangan.

  1. Buka dan tutup pintu

Buka pintu untuk menjaga sirkulasi udara tetap lancar. Di sisi lain, tutup pintu ketika ruangan tidak digunakan untuk menjaga suhu ruangan pada tingkatan normal.

  1. Taruh semangkuk es

Selain menyetel kipas angin dan pendingin ruangan, maksimalkan usaha mendinginkan suhu ruangan dengan menaruh semangkuk es di depan kipas angina yang menyala. Cara ini memanfaatkan tiupan dari kipas angin menyalurkan uap dingin dari es ke penjuru ruang.

  1. Ganti sprei

Ganti sprei lama Anda dengan sprei berbahan katun atau sutra untuk suasana tidur yang lebih sejuk.

  1. Pasang tanaman hias

Selain dapat mempercantik hunian Anda, nyatanya penempatan tanaman hias pada titik tertentu saat musim kemarau dapat menjadi pengikat udara dingin. Tanaman seperti bromeliad dan kaktus mengambil air dari udara, sehingga tanaman tersebut mampu menghilangkan kelembaban udara di ruangan yang membuat ruangan terasa lebih sejuk.

  1. Perbanyak minum

Tips ini berguna untuk kesehatan diri kita sendiri. Saat musim kemarau berlangsung, pastikan kita menjaga kebutuhan air dalam tubuh dengan memperbanyak minum. Anda juga bisa menyemprotkan air atau cairan penyegar ke area wajah untuk menjaganya tetap segar.

  1. Pasang thermostat

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, fungsi thermostat adalah menjaga ukuran suhu pada tingkatan tertentu sebuah area, terlepas dari suhu yang ada di luar. Anda dapat memasang thermostat di salah satu ruangan di rumah Anda dan menyetelnya pada suhu dingin yang Anda rasa pas.


Comments are closed