5 Spare Part Mobil yang Rutin Diganti

Memiliki mobil pribadi tentu harus diimbangi dengan perawatan rutin. Sebab mobil menjadi kendaraan yang setiap hari kita gunakan. Faktor keamanan dan kenyamanan saat berkendara menjadi alasan penting untuk melakukan service secara rutin. Kamu bisa membawa mobil kamu ke servis Toyota untuk mendapatkan perawatan terbaik. Kondisi mobil yang rutin di service akan membuat kendaraan yang lebih responsif dan tentu lebih nyaman saat digunakan.

Ganti Spare Part Mobil Harus Rutin

Beberapa spare part mobil harus rutin diganti. Tujuannya tak lain untuk keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Apalagi jika mobil yang kamu gunakan sering untuk bepergian jarak jauh. Banyak kecelakaan yang disebabkan kurangnya perawatan terhadap mesin atau spare part mobil kita. Seperti rem blong yang paling sering terjadi dan kita jarang memperhatikannya.

Berikut ini beberapa spare part mobil yang harus rutin diganti:

  1. Kampas Rem

Melihat dari banyaknya kasus kecelakaan mobil akibat rem blong, rasanya kita harus lebih waspada dan melakukan perawatan terhadap spare part rem mobil. Rem adalah komponen yang sangat penting dan wajib diganti secara berkala. Kamu bisa mengecek kampas rem agar bisa mengetahui bagaimana kondisi rem.

Jika kampas rem sudah jelek, pastikan langsung diganti. Untuk mengecek ketebalan kampas rem, kamu bisa melakukannya dengan membuat suara rem berupa decitan. Jika kamu menginjak pedal rem lalu pijakannya dalam, maka kemungkinan kampas rem sudah habis. Segera kamu bawa ke service mobil terdekat.

  • Filter Oli dan Oli Mesin

Spare part mobil yang harus kamu ganti secara rutin adalah filter oli dan oli mesin. Keduanya harus rutin diganti karena menjadi komponen utama agar mobil bisa responsif. Fungsi oli mesin untuk melumasi mesin mobil agar bisa bekerja dengan maksimal. Selain itu oli mesin juga meminimalisir adanya gesekan antar komponen mobil.

Sedangkan filter oli sangat berguna untuk menyaring kotoran hasil dari gesekan mesin. Jika mobil setiap hari digunakan, maka kerja oli mesin dan filter oli jauh lebih berat. Gantilah oli mesin jika sudah menunjukkan 1000 kilometer dan bawalah ke servis Toyota untuk mendapatkan perawatan terbaik.

  • Busi

Komponen yang cukup kecil ini memiliki pengaruh besar dalam berkendara. Jika busi terganggu, maka konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Hal ini terjadi karena pembakaran di dalam ruang mesin tidak optimal. Ganti busi jika mencapai 20.000 kilometer agar kamu bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Lakukan pengecekan secara rutin ketika kamu service bulanan.

  • Filter Udara

Filter udara adalah komponen yang harus kamu ganti setiap kendaraan mencapai 40.000 kilometer. Meskipun saat service rutin filter udara juga dibersihkan, tapi kekuatannya sudah berkurang seiring penggunaan mobil. Jika filter udara tidak bekerja dengan maksimal, maka udara kotor bisa masuk ke ruang mesin mobil. Akibatnya akan muncul berbagai masalah lainnya seperti bahan bakar menjadi lebih boros.

  •  Aki

Pernahkah kamu merasakan bunyi klakson tiba-tiba melemah? Mungkin ini tandanya aki perlu diganti. Melemahnya aki akan kamu rasakan ketika berkendara. Periksalah aki secara rutin dan ganti jika sudah memasuki tahun kedua pemakaian mobil. Kamu bisa membawanya ke servis Toyota agar mendapatkan perawatan aki yang tepat. Cek rutin semua komponen dalam mobil kamu agar bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Pastinya service rutin bisa menghambat banyak masalah di mobil kamu.


Comments are closed