Mau Lolos CPNS? Persiapkan Dari Sekarang!

Sobat, lolos dari seleksi CPNS tentunya menjadi impian banyak pencari kerja. Tak hanya gaji yang menjanjikan, namun banyak jaminan hidup hingga tua yang akan didapatkan bila seseorang diterima sebagai CPNS. Sobat tentunya harus mempersiapkan diri dari sekarang termasuk untuk rajin mengikuti tryout CPNS online gratis.

Banyak peserta pendaftar CPNS yang rupanya gagal di awal seleksi. Padahal mereka telah menyiapkan bekalnya pada tempo hari. Ada juga peserta yang gagal saat pertengahan seleksi, dan tentunya juga ada yang gugur di akhir penyisihan. Hal tersebut tentunya tidak sobat inginkan, kan?

Untuk itu, sobat perlu mempersiapkan diri secara matang dan percaya diri. Jangan sampai impian sobat tertunda kembali karena kesalahan sepele yang sobat lakukan. Melalui ulasan inilah sobat akan mengetahui berbagai tips menarik untuk lolos CPNS. Yuk kita pahami satu-persatu.

Update informasi terkait seleksi CPNS

Sebagai calon peserta pelamar CPNS, sobat tentunya wajib mengupdate informasi terkait seleksi CPNS. Jangan mudah percaya dengan informasi yang beredar di media sosial mengenai seleksi CPNS. Apalagi proses perekrutan ini tidak dipungut biaya. Sobat sebaiknya memantau informasi dari akun resmi BKN sehingga terhindar dari kabar burung.

Pahami persyaratan khusus pada instansi yang dilamar

Meskipun secara umum seleksi CPNS memiliki persyaratan yang sama dari pihak BKN selaku penyelenggara CPNS, namun ada persyaratan khusus lain yang perlu sobat perhatikan. Persyaratan khusus ini biasanya ada pada setiap instansi. Misalnya tambahan seperti surat lamaran yang ditulis tangan, surat pernyataan, bahkan surat keterangan sehat. Jangan sampai sobat mengabaikan hal tersebut sehingga menggugurkan seleksi CPNS.

Pastikan formasi yang dilamar sesuai dengan kualifikasi pendidikanmu

Sudah banyak kejadian bahwa para pelamar yang tidak memiliki kualifikasi yang sesuai dengan formasi yang dilamar telah gugur di awal seleksi administrasi. Bahkan, ada pula pelamar yang sudah dinyatakan diterima CPNS namun dicabut alias digugurkan karena terdeteksi tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan. Untuk itu, perhatikan kualifikasi pendidikan yang dilamar pada formasi dengan saksama.

Pahami kisi-kisi materi CPNS

BKN selaku pihak penyelenggara seleksi CPNS pastinya akan menginformasikan kisi-kisi dari materi CPNS. Seleksi biasanya terdiri dari tiga tahapan, yakni Seleksi Administrasi, SKD, serta SKB. Mengenai SKD dan SKB tentunya terdapat kisi-kisi yang diinformasikan oleh BKN.

Terus berlatih tryout CPNS

Sobat tentunya harus memperbanyak latihan soal dari berbagai sumber yang akurat. Bila perlu, ikuti bimbel-bimbel online maupun offline yang pastinya telah dipercaya dan memiliki soal-soal yang akurat. Dengan memperbanyak latihan soal, tentu sobat akan semakin terbiasa dalam mengerjakan tipe soal yang mirip.

Teliti dan Perhatikan Waktu Saat Mengerjakan Soal

Pada saat mengerjakan soal baik itu tryout CPNS online gratis maupun tes sesungguhnya, sobat tentunya harus teliti. Waktu pengerjaan soal juga perlu diperhatikan sehingga sobat tetap tenang dalam mengerjakannya. Beri estimasi waktu tertentu misal untuk mengerjakan soal nomor 1-30 harus selesai dalam berapa menit. Hal tersebut dapat dijadikan sebagai tolak ukur ketepatan waktu.

Pahami kondisi lokasi tes

Sobat juga sebaiknya perlu memahami kondisi dari lokasi tes CPNS. Informasi ini biasanya akan diinfokan menjelang pelaksanaan tes baik SKD maupun SKB. Pembagian lokasi tes tentunya juga akan diinfokan oleh instansi yang terkait. Sobat harus mencatat waktu dan tempat pelaksanaan tes tersebut.

Apabila lokasi tes ternyata jauh dari rumah bahkan di luar kota, maka sobat harus menyiapkan akomodasi serta transportasi. Sobat juga sebaiknya sudah melakukan survey lokasi sehingga pada saat hari H tidak merasa bingung.

Perbanyak doa dan amalan baik lainnya

Selain usaha seperti belajar sungguh-sungguh, doa kepada Tuhan juga menjadi kunci kesuksesan. Mintalah petunjuk dan restu pada Tuhan serta orang tua. Jangan lupa perbanyak amalan baik seperti sedekah. Sobat pasti akan mendapatkan kemudahan dari atas perbuatan yang telah dilakukan.

Itulah beberapa persiapan yang perlu sobat lakukan bila ingin lolos seleksi CPNS. Jangan lupa untuk memperbanyak tryout CPNS online gratis sehingga sobat semakin terbiasa dalam mengerjakan latihan soal CPNS.


Comments are closed