Cara Mengurangi Resiko Kecelakaan Kerja

Salah satu bidang industri yang memiliki resiko kecelakaan kerja tinggi tentunya harus bekerja sama dengan supplier perlengkapan safety. Dimana peralatan safety tersebut bisa lebih menjamin keselamatan kerja para pekerja yang ada. Dimana salah satu industri yang memiliki resiko kecelakaan besar tadi yaitu industri pertambangan.

Perhatikan Resiko Dalam Pekerjaan

Melihat resiko kecelakaan kerja semacam itu tentunya semua bagian yang terlibat didalamnya khususnya bagian produksi harus memiliki perlindungan yang lebih. Dimana kegiatan produksi semacam itu sangat beresiko kecelakaan karena mereka berada langsung di lokasi pertambangan yang bersentuhan dengan beragam alat berat dan lainnya.

Tips Mengurangi Kecelakaan Kerja

Sebenarnya tidak hanya yang bekerja pada industri pertambangan saja yang harus meningkatkan pengamanan akan tetapi industri lain yang memiliki resiko serupa. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui apa saja langkah-langkah yang harus ditempuh agar nantinya bisa terhindar dari suatu resiko yang membahayakan. Adapun beberapa tips yang bisa kalian perhatikan untuk mengurangi resiko kecelakaan ketika bekerja.

  • Waspada Terhadap Bahaya

Hal pertama yang perlu kalian perhatikan yaitu jangan pernah mengabaikan bahaya. Dimana hal pertama yang perlu kalian perhatikan untuk menjaga keamanan diri yaitu menyadari kondisi atau fakta jika kalian bekerja pada bidang dengan resiko kecelakaan tinggi. Maka dari itu dalam diri kalian selalu terapkan rasa untuk selalu waspada dalam beragam aktivitas yang kalian lakukan. Hal ini penting untuk kalian ingat yaitu suatu kecelakaan yang memiliki dampak besar bisa terjadi karena suatu kecerobohan kecil yang dilakukan.

  • Perencanaan Matang Dalam Tugas

Banyak dari kalian ketika mendapatkan tugas tentunya hal pertama yang menjadi bahan pikiran yaitu cara menyelesaikan tugas tersebut. Hal tersebut tidak salah akan tetapi ada baiknya kalian juga memikirkan dan juga merencanakan sumber daya lain yang dibutuhkan. Dimana sumber daya tersebut seperti penambahan waktu dan juga uang yang juga termasuk ke dalam faktor penting dari persyaratan soal safety atau keselamatan. Ada baiknya kalian tidak mengabaikan keselamatan dari para karyawan salah satunya dengan membeli perlatan safety yang dibutuhkan pada supplier perlengkapan safety. Selain itu juga kalian harus meningkatkan kualitas pekerjaan yang diberikan. Kalian juga harusnya menilai semua resiko yang ada dan juga yang memungkinkan terjadinya kecelakaan. Dimana salah satu caranya memberikan sebuah instruksi yang tidak hanya jelas melainkan juga mendidik, hal tersebut dinilai dapat mengurangi resiko kecelakaan yang bisa saja terjadi.

  • Melakukan Pelatihan Profesional

Usahakan agar semua karyawan mendapatkan pelatihan keselamatan profesional. Dimana pelatihan tersebut tidak untuk karyawan atau anggota baru saja melainkan untuk semua karyawan termasuk yang lama. Ada baiknya pelatihan tersebut dilaksanakan secara rutin dan pelatihan yang baik mengandung teori dan juga komponen praktis. Dimana kedua hal tadi bisa membatu karyawan untuk menggunakan hal tersebut ketika sedang melakukan pekerjaannya. Kemudian untuk karyawan yang memiliki tugas beresiko ada baiknya lakukan juga pemeriksaan kesehatan fisik untuk nantinya menentukan apakah mereka bisa menjalankan tugas yang diberikan tadi.

  • Pengawasan Seluruh Tim

Semua anggota tim yang ada diharuskan mengikuti instruksi keselamatan dan tidak ada pengecualian. Dimana nantinya juga dilakukan pengawasan oleh tim salah satunya melalui supervisor yang harus mengawasi hal tersebut. Pengawasan juga meliputi keberadaan anggota tim baik untuk semua tempat dan shift yang ada. Tidak hanya itu saja melainkan pekerja yang lain harus saling memberikan informasi mengenai apa yang dilakukan oleh anggota lainnya. Maka dari itu agar ini lebih efektif maka kalian harus bisa membuat beragam aturan agar para anggota tim tidak melanggar hal tersebut.

  • Dokumen Untuk Prosedur Keselamatan

Dokumen prosedur untuk keselamatan kerja harus bisa didefinisikan dengan jelas. Sehingga nantinya jika terjadi kecelakaan dalam kerja maka anggota lain sudah tahu apa yang harus dilakukan. Selain penjelasan yang lengkap dan benar-benar jelas maka usahakan untuk menempatkan dokumen prosedur tadi pada tempat yang mudah dijangkau sehingga ketika orang membutuhkannya bisa langsung mendapatkan dokumen tersebut.

  • Menggunakan Perlengkapan Safety

Hal lain yang tidak kalah pentingnya yaitu selalu pergunakan perlengkapan safety yang bisa didapatkan melalui supplier perlengkapan safety atau tempat lainnya. Dimana perlengkapan tersebut seperti sarung tangan, kacamata, helm dan perlengkapan lainnya. Usahakan perlengkapan tersebut tersedia dan jangan terlewat satu pun untuk keselamatan bersama.


Comments are closed