Tips Merawat Furniture Kayu Supaya Tidak Mudah Rusak

Furniture adalah salah satu kebanggaan tersendiri. Bagaimana tidak, furniture ini akan dapat menghias dan membuat rumah Anda lebih indah dan juga lebih mewah sehingga tak heran jika dengan adanya furniture mebel Jepara ini akan mampu membuat rumah Anda lebih menawan dan juga membuat lebih terasa nyaman.

Salah satu hal yang harus diperhatikan saat akan menggunakan furniture yang terbuat dari kayu ini adalah masalah sistem perawatannya. Seperti yang kita ketahui jika yang namanya kayu ini terbuat dari material organic sehingga pastinya harus membutuhkan perawatan yang ekstra. Salah satunya adalah masalah bagaimana penyimpanannya. Karena mau bagaimana pun yang namanya bahan kayu ini akan berbeda nyata dengan bahan yang terbuat dari plastik. Sehingga harus dijalankan dengan sepenuhnya.

Tips Merawat Kayu Yang Tak Kaku

Tips merawat kayu ini menjadi hal yang utama jika Anda memiliki furniture mebel Jepara. Dengan perawatan yang benar, maka mebel yang Anda miliki akan dapat bertahan lebih lama dan juga akan lebih awet sepanjang masa. Sehingga, lakukan tips di bawah ini agar Anda bisa memiliki mebel yang menawan dengan daya tahan yang lama.

  • Letakkan di tempat kering

Salah satu penyebab rusaknya kayu dengan lebih cepat adalah masalah penyimpanan. Di mana kayu membutuhkan tempat penyimpanan yang lebih rawan. Jangan simpan kayu ini di tempat-tempat yang lembab karena dapat membuat kayu jamuran dan juga akan lebih mudah keropos.

Bukan hanya itu saja, saat Anda memiliki mebel kayu juga Anda harus bisa menjauhkan kayu dari tempat tang terkena sinar matahari atau tempat yang memancarkan panas. Panas yang dihasilkan ini akan dapat membuat kayu lebih kaku dan akan menyusut dengan perlahan seiring waktu.

  • Pindahkan dengan hati-hati

Salah satu hal yang tak disadari oleh orang adalah masalah perlakuan. Banyak orang yang akan memindahkan material kayu ini hanya dengan cara menyeret atau menariknya saja. Hal ini pastinya akan merusak mebel yang Anda miliki.

Perlakuan kursi plastik biasanya akan lebih mudah namun, saat Anda menggunakan material yang terbuat dari kayu Anda harus lebih waspada dan juga hati-hati. Angkatlah mebel kayu Anda dengan benar pada bagian pegangannya sehingga tidak akan merusak mebel yang Anda miliki.

  • Gunakan alas

Salah satu hal yang juga jarang disadari oleh orang adalah masalah alas. Gunakan alas saat akan meletakan mebel ini. Peletakan tanpa menggunakan alas hanya akan membuat kayu semakin lembab saja. Kayu yang lembab akan digerogoti oleh jamur hingga akhirnya dapat keropos dengan seketika. Sehingga gunakan alas untuk meminimalisir kerusakan.

Cara Cepat Tanggap Merawat Kayu

Bukan hanya cara di atas saja yang harus digunakan karena, Anda juga harus mempertimbangkan berbagai macam perlakuan seperti di bawah ini. Dengan perlakuan ini, maka material Anda akan lebih awet dan juga tahan lama sehingga, gunakan material ini dengan nyaman dan pasti.

  • Keringkan noda air

Saat Anda melihat kayu yang dimiliki terkena cipratan air, maka harusnya dikeringkan dengan segera. Pengeringan dengan segera ini akan membuta kayu lebih tahan lama. Bukan hanya itu saja, air juga akan membuat kayu lebih mudah keropos. Sehingga selain harus menghindarkan dari jangkauan air Anda juga harus menjaganya agar tetap berada dalam kondisi kering tak terkena air.

  • Bersihkan secara berkala

Salah satu hal yang juga kurang disadari oleh orang adalah masalah pembersihan ini. Bersihkan furniture yang Anda miliki secara berkala. Dengan pembersihan berkala, maka mebel yang Anda miliki akan terlihat kinclong dan juga tak akan terlihat kusam.

Sehingga, furniture mebel Jepara ini harus dirawat dengan sepenuhnya tak bisa dibiarkan begitu saja. Anda harus bisa menggunakan beragam cara untuk dapat memaksimalkan dan juga menguatkan kayu yang dimiliki. Anda juga bisa menggunakan sisa teh sebagai pembersih. Dan jangan lupa juga untuk menggunakan sikat gigi agar menyikat bagian yang sulit dijangkau untuk dibersihkan. Jadi, kini mebel yang Anda miliki akan lebih tahan lama dan juga sesuai dengan apa yang Anda inginkan.


Comments are closed