Tips Membuat Surat Lamaran Resmi yang Baik

Bagi para pencari pekerjaan, surat lamaran adalah senjata utama yang bisa digunakan untuk mengejar karir. Surat lamaran menjadi pengantar untuk Anda melamar sebuah pekerjaan di perusahaan yang Anda idamkan. Nah, surat lamaran termasuk dalam kategori surat resmi sehingga harus ditulis dengan bahasa formal yang tentunya ditujukan untuk orang lain dalam jabatan tertentu.

Begitu pentingnya surat lamaran pekerjaan, sampai-sampai Anda harus mampu menyusun surat tersebut dengan baik. Sayangnya, masih banyak pencari pekerjaan yang mengabaikan pentingnya menyusun sebuah surat untuk melamar pekerjaan yang baik dan mudah dipahami. Tapi, apa saja sih sebenarnya hal-hal yang perlu diperhatikan saat menyusun surat lamaran pekerjaan?

Bagian-Bagian Surat Lamaran yang Perlu Diperhatikan

Menulis surat lamaran bukan hal yang sulit. Apalagi, saat ini sudah ada banyak sekali situs yang menyediakan referensi untuk surat lamaran yang bisa Anda unduh. Namun, tidak semuanya bisa Anda gunakan, lho. Menyesuaikan isi dan format surat resmi bisa membantu Anda dalam mencapai karir yang Anda inginkan. Lalu, apa saja yang perlu dicantumkan di surat lamaran Anda?

  1. Gunakan bahasa yang baik dengan Ejaan Bahasa Indonesia yang tentunya sudah disesuaikan dengan kebutuhan Anda saat menyusun surat lamaran tersebut. Nah, dalam hal ini, Anda perlu menyusun bahasa dengan baik. Jangan sampai Anda menggunakan bahasa non-formal yang membuat pihak perusahaan bisa-bisa mengernyitkan dahi, lho!
  2. Pastikan Anda memiliki contoh format yang tepat, sehingga tidak mengalami kesulitan di kemudian hari ketika mengirimkan surat lamaran. Format yang tepat bisa dilihat dari beberapa bagian, yaitu pembuka, isi dan penutup. Pastikan tiap bagian surat tersebut memiliki aspek-aspek yang lengkap, sehingga bisa memberikan informasi yang baik.
  3. Ketika Anda menyusun surat lamaran, pastikan data diri Anda lengkap dan jelas. Dalam hal ini, walaupun Anda mencantumkan daftar riwayat hidup, Anda tetap harus memastikan bahwa pada surat lamaran Anda tercantum informasi seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon serta alamat email yang bisa dihubungi oleh pihak perusahaan.
  4. Jangan lupa, cantumkan juga tujuan Anda menulis surat tersebut. Karena ditujukan untuk melamar pekerjaan tertentu, maka Anda bisa mencantumkan tujuan tertentu. Dalam hal ini, Anda juga bisa memberikan rincian posisi apa yang ingin Anda lamar di perusahaan tersebut. Dengan demikian, Anda pun akan memperoleh kesan baik di mata perusahaan.

Mengapa Surat Lamaran Begitu Penting?

Surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu hal yang bisa mengantarkan Anda ke jenjang karir berikutnya. Ada beberapa alasan mengapa surat lamaran merupakan aspek penting untuk memulai pencarian pekerjaan Anda. Berikut ini beberapa alasan untuk membuat surat lamaran yang meyakinkan:

  1. Surat lamaran merupakan pengantar bagi Anda untuk melamar sebuah pekerjaan. Dalam hal ini, surat lamaran akan menjadi hal pertama yang dibaca oleh perusahaan. Jadi, pastikan Anda menulis dan menyusunnya dengan lengkap.
  2. Surat yang Anda gunakan untuk melamar pekerjaan merupakan sebuah ‘jendela’ untuk mengenali siapa diri Anda secara umum. Jadi, surat lamaran merupakan sebuah faktor penting yang bisa membuat perusahaan tertarik pada Anda.

Itu tadi beberapa hal yang bisa Anda pahami tentang surat lamaran dan mengapa surat tersebut begitu penting. Beberapa kiat di atas juga bisa diterapkan ketika Anda mendaftar pekerjaan di kemudian hari. Semoga, dengan mengetahui beberapa hal mengenai surat resmi di atas, Anda akan sukses melamar pekerjaan impian.


Comments are closed