Dampak Teknologi Komunikasi Terhadap Gaya Hidup Sehari-hari

Teknologi dapat diartikan sebagai benda-benda atau alat-alat hasil ciptaan manusia yang dibuat sebagai sarana untuk mempermudah manusia dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Teknologi berkembang dalam segala aspek kehidupan manusia seperti teknologi dalam bidang industri, pertanian, peternakan, komunikasi dan lain sebagainya. Paket internet murah Telkomsel merupakan salah satu produk teknologi dalam bidang provider jaringan komunikasi yang akan mempermudah Anda dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Perkembangan Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi adalah salah satu produk teknologi yang paling cepat dalam masa perkembangannya. Saat ini orang-orang tidak perlu kesusahan dalam berkomunikasi dengan orang lain yang berada pada jarak jauh. Beraneka produk aplikasi chatting atau mengirim pesan sudah banyak bermunculan. Dengan begitu, jarak sudah bukan lagi alasan untuk tidak bisa berkomunikasi dengan seseorang.

Pada awal perkembangannya, teknologi komunikasi hanya berupa produk telepon yang memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam jarak yang jauh. Perkembangan telepon saat itu ditandai dengan munculnya warung telekomunikasi (wartel). Seiring berjalannya waktu, wartel kini telah tergerus oleh munculnya telepon genggam atau handphone.

Awal perkembangan handphone, hanya memfasilitasi telepon dan sms. Tarif untuk keduanya pun terbilang cukup mahal pada awalnya. Saat ini, perkembangan teknologi komunikasi semakin canggih yakni dengan munculnya aplikasi chatting yang dapat digunakan untuk berkirim pesan suara, gambar, teks, file dan sebagainya dengan tarif yang terjangkau. Apalagi ketika Anda menggunakan paket internet murah Telkomsel, berkirim pesan semakin lancar.

Dampak Teknologi Komunikasi dan Informasi

Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi dan informasi menimbulkan dampak terhadap berbagai aspek kehidupan. Inilah beberapa dampak yang ditimbulkan dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada kehidupan manusia.

  • Belanja berbagai barang sekarang semakin mudah. Dulu saat berbelanja atau membeli suatu barang, pembeli dan penjual harus bertemu dalam suatu tempat seperti toko atau pasar, saat ini belanja semakin mudah dengan belanja online. Pembeli hanya perlu melakukan komunikasi dengan penjual, melakukan transfer dan kemudian penjual akan mengirimkan barang yang diinginkan.
  • Mengirim pesan dapat dilakukan dengan mudah dan anti pending. Beberapa aplikasi jasa komunikasi seperti Whastapp dan telegram menjadi salah satu aplikasi yang dinilai memiliki kecepatan komunikasi sangat tinggi. Dua aplikasi ini termasuk dalam aplikasi komunikasi tanpa pending. Selian itu, kita juga dapat berkirim berbagai jenis file dokumen, gambar, video dan lain sebagainya dengan mudah.
  • Banyaknya gadget yang bertebaran dimasyarakat dan menjadi candu. Salah satu dampak negatif dari teknologi komunikasi adalah munculnya candu akan gadget. Hal ini tidak hanya menyerang orang dewasa tetapi juga dimulai dari usia anak-anak. Hampir setiap orang tidak bisa hidup tanpa gadget, karena gadget mampu memberikan berbagai kebutuhan seperti kebutuhan komunikasi, hiburan dan sumber informasi. Melalui paket internet murah Telkomsel Anda bisa menikmati akses ke semua aplikasi dalam ponsel pintar Anda dengan mudah dan lancar.
  • Lemahnya sosialisasi langsung anta personal. Dengan munculnya gadget seseorang akan lebih nyaman bermain gadget ketimbang berkomunikasi secara langsung dengan orang yang ada di dekatnya. Inilah yang disebut dengan teknologi komunikasi mendekatkan yang jauh tetapi menjauhkan yang dekat. Hal ini yang perlu sama-sama kita sadari sebagai dampak buruk yang harus diminimalkan.

Perkembangan teknologi menimbulkan keuntungan dan kekurangan, kedua berjalan beriringan sehingga perlu disikapi dengan baik. Paket internet murah Telkomsel solusi internet murah dan memberikan  banyak keuntungannya.


Comments are closed