5 Rahasia Belajar Efektif Yang Mampu Dongkrak Nilaimu

Belajar merupakan kewajiban setiap pelajar, bahkan semua orang. Namun yang paling utama adalah para siswa atau mahasiswa. Selama ini alasan mengapa nilai kita tidak mengalami peningkatan, mungkin juga disebabkan oleh cara belajar yang kurang efektif. Walaupun belajar dilakukan secara terus menerus tapi ternyata nilai kita belum sesuai dengan yang kita harapkan. Sebenarnya bagaimana sih cara belajar yang efektif, efisien dan menyenangkan? Artikel ini akan membahas beberapa cara belajar yang baik dan efektif versi bimbel STAN

Bagaimana Cara Belajar Yang Paling Efektif?

Belajar memang punya aturan sendiri agar apa yang kamu pelajari tersimpan di otakmu dan tidak sia-sia. Ternyata belajar secara terus-menerus juga kurang baik loh, meskipun ada juga yang berhasil dengan metode ini. Namun di sini akan dibahas mengenai belajar efektif yang lebih mudah dan tidak menguras pikiranmu, dan dijamin bakal nyantel terus di otakmu, maka simak ulasan berikutĀ  ini

  • Dalam kondisi nyaman

Hal yang perlu diperhatikan pertama kali ialah, kondisi kenyamanan kamu, baik dari segi mood, tempat, suasana dan lain sebagainya. Kamu tidak akan fokus jika belajar dalam kondisi yang tidak nyaman. Maka sebelum belajar pastikan kamu nyaman dulu ya. Contohnya, belajar dalam suasana yang tenang, mood yang baik dan tempat yang nyaman seperti di taman, ruang belajar yang nyaman dan bebas dari kebisingan atau perpustakaan. Semua tergantung kamu lebih nyaman belajar di mana dan bagaimana. Pastinya kamu akan lebih fokus dalam mempelajari sesuatu.

  • Belajar secara rutin di waktu yang tepat

Selain belajar di sekolah, kita juga harus menunjangnya dengan belajar di rumah. Tips yang kedua menurut bimbel STAN ialah rutin, dan waktu belajar yang tepat. Rutin, bukan berarti terus menerus sepanjang waktu. Tetapi kamu sudah menjadwalkan kapan waktu yang paling baik untuk belajar dan kapan waktu yang paling baik untuk melakukan aktivitas lainnya. Nah, waktu belajar yang paling tepat ialah 1 sebelum kamu tidur, yaitu sekitar jam 8 sampai 9 malam dan 1 sampai 2 jam setelah kamu bangun tidur, yakni pada waktu menjelang subuh. Jika kamu belum terbiasa, mulailah dengan membiasakannya dengan tidur lebih awal dan bangun lebih pagi, selain sehat ini juga waktu yang sangat tepat untuk belajar loh

  • Pelajari pokokpokok terpenting

Dalam belajar memang akan lebih baik jika mempelajari keseluruhan. Namun, akan lebih mudah jika kamu memfokuskan pada pokok-pokoknya terlebih dahulu. Jika pokok pelajaran sudah paham, pastilah kamu akan lebih mudah memahami pelajaran secara keseluruhan. Kamu bisa mencatat pokok penting yang ada di silabus atau buku pelajaranmu.

  • Memahami pelajaran, bukan menghafalkannya

Tips yang selanjutnya menurut bimbel STAN adalah memahami pelajaran, bukan malah menghafalkannya. Sering kali kita belajar dengan metode menghafal, namun akan lebih baik jika paham terlebih dahulu. Pasalnya jika kita menghafalkan tanpa memahami, pasti akan cepat hilang dengan sendirinya. Berbeda jika kita memahaminya, pasti kita akan hafal tanpa harus menghafalkan kalimatnya.

  • Lakukan dengan konsisten

Setelah kamu menerapkan metode belajar yang ada di atas, maka lakukanlah dengan konsisten. Rubah kebiasaan lama dan mulai biasakan metode belajar yang efisien agar kamu bisa mencerna pelajaran dengan baik dan mudah mengingatnya.

Belajar Efektif, Hasilnya Lebih Maksimal

Itulah 5 rahasia belajar menurut bimbel STAN yang efektif dan patut untuk kamu praktikan sehari-hari. Semoga bermanfaat ya sahabat.


Comments are closed