10 Tips Jitu Menghadapi dan Lulus Ujian CPNS

Ujian CPNS adalah salah satu pintu untuk menjadi PNS, jenis pekerjaan yang hingga kini masih diminati banyak orang hingga anak muda. Karena begitu diminatinya pekerjaan ini hingga setiap ujian CPNS pasti berbagai bimbel CPNS tidak pernah sepi menerima siswa-siswa baru.

Adanya bimbel ini memang bisa sangat membantu bagi para CPNS yang ingin lulus ujian. Meski sebenarnya hal yang paling penting untuk disadari adalah potensi yang dimiliki oleh diri setiap individu. Memang untuk lulus ujian CPNS tidaklah mudah. Persaingannya sangat ketat dari jutaan orang hanya akan tersaring beberapa saja. Tentu saja dengan mengikuti bimbel saja tidak akan cukup. Perlu ada tindakan lain yang harus dilakukan sebagai faktor pendorong.

Dengan ujian CPNS yang memang tidak bisa sembarangan dicoba, perlu adanya persiapan yang matang. Memang ujian tersebut sifatnya tidak mudah karena pemerintah benar-benar mencari yang paling berkualitas dan yang berkualitas. Berikut ini beberapa tips yang bisa diaplikasikan dalam menghadapi ujian CPNS.

Perbanyak Doa Kepada Tuhan

Rajin beribadah dan meminta kemudahan kepada Tuhan adalah jalan utama yang harus ditempuh untuk umat beragama. Mintalah pertolongan kepada-Nya berupa kelancaran dalam menghadapi ujian agar tidak terdapat kendala apa pun.

Mengerjakan Ujian Dengan Jujur

Jangan pernah berpikiran akan membawa contekan atau menyewa joki demi lulus ujian. Setiap kecurangan yang dilakukan dalam ujian bisa saja terdeteksi. Apalagi ada CCTV yang mengawasi meski Anda melakukan kecurangan di luar ruangan ujian, seperti ke WC contohnya.

Mengenali Tahapan Ujian

Secara umum ada 2 seleksi yang harus dijalani, yaitu SKB atau Seleksi Kompetensi Bidan dan TKD atau Tes Kompetensi Dasar. SKB biasanya menjadi tanggung jawab dari instansi penyelenggara. Materi dan modal ujiannya bisa berbeda sesuai formasi kebutuhan CPNS. Sedangkan TKD jadi seleksi wajib bagi setiap pelamar.

Sekarang ini TKD sudah menggunakan sistem CAT atau Computer Assissted Test. Sedangkan CAT ada 3 tipe soal yang memiliki bobot nilai berbeda. Ketiga materi tersebut antara lain Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Kenali tes-tes tersebut agar bisa mempersiapkan diri dengan baik.

Konsisten Dalam Belajar

Jangan pernah meremehkan ujian CPNS yang nyatanya tidak semudah yang dipikirkan dan terkadang hanya pasrah pada Tuhan. Ingatlah bahwa kerja keras akan berbuah manis nantinya. Konsistenlah dalam belajar seperti 30 menit dalam sehari dengan mengerjakan soal-soal CAT agar terbiasa saat ujian nanti. Mengikuti bimbel CPNS juga bisa sangat membantu karena bisa mendapatkan arahan yang benar nantinya. Jangan biasakan belajar sistem kebut semalam.

Tenang Dalam Menghadapi Ujian

Kalau memang persiapan sudah matang pasti ketenangan yang ada saat menghadapi ujian. Karena itu persiapkan dengan baik segala yang dibutuhkan dalam menghadapi ujian. Jangan sampai terlalu grogi yang malah bisa membuat susah dalam berpikir. Percayakan pada diri sendiri dengan persiapan yang matang dan jangan lupa untuk berdoa.

Latihan Simulasi CAT

Simulasi juga sangat berguna bagi Anda dalam menghadapi ujian nanti. Tentu agar Anda tidak gagap dalam menghadapi ujian yang menggunakan komputer. Dengan melakukan simulasi diharapkan nanti bisa terbiasa saat menghadapi ujian.

Sekarang ini sudah ada banyak situs yang memberikan fasilitas simulasi CAT secara online. Begitu juga beberapa buku persiapan ujian CPNS yang juga menyediakan aplikasi yang berguna untuk simulasi CAT.

Memaksimalkan Waktu Ujian

Jangan terlalu terburu-buru ingin menyelesaikan ujian atau ingin keluar dari ruangan secepatnya. Jika memang tujuannya ingin lulus ujian, manfaatkan waktu yang ada saat ujian sebaik mungkin. Jika memang berhasil menyelesaikan ujian sebelum waktu habis, gunakan sisa waktu untuk meneliti kembali.

Kerjakan Dari Paling Mudah

Dengan banyaknya soal ujian yang ada, jangan terlalu berkutat pada satu soal dalam kurun waktu yang lama. Masih banyak soal yang harus dikerjakan. Fokus pada soal yang mudah untuk dijawab lebih dulu, baru setelah selesai, kerjakan soal yang lebih sulit. Kerjakan soal secara bertahap dari yang paling mudah hingga yang paling sulit.

Minta Restu Orang Tua

Doa dari orang tua juga sebenarnya sangat membantu kita dalam menghadapi setiap masalah. Mintalah restu dari orang tua karena doa mereka yang ikhlas akan didengar oleh Tuhan dan memberi kemudahan saat menghadapi masalah seperti ujian CPNS.

Menjaga Kesehatan

Setelah mempersiapkan semua hal penting seperti di atas, jangan lupa bahwa kesehatan juga sangat penting. Jaga kesehatan karena dengan mengatur pola makan bergizi dan juga tidur yang cukup agar saat mengikuti ujian tetap fresh baik tubuh dan pikiran.

Itulah 10 tips dalam menghadapi ujian CPNS agar bisa lulus. Persiapkan segalanya dengan matang dan bila perlu ikutilah bimbel CPNS yang akan mendongkrak peluang untuk lulus ujian.


Comments are closed